Arwanop







             

       

    


      Arwanop atau dikenal dengan Aroanop adalah desa kecil yang terletak di Kecamatan tembagapura Mimika,Papua. Aroanop terdapat dua kampung besar di hulu dan hilir sungai aroanogoung ,yaitu Aroanogoma(kepala air) dan  Arwanop. Di desa Arwanop ada beberapa dusun seperti Ombani, Angigi,dan aingokgin sedangkan Aroanogoma terdiri atas dusun jagamin, baluni,dan wabera.

     Arwanop dikeliling oleh gunung-gunung tertinggi yang membuat desa tersebut sangat indah dan menarik jika dipandang secara langsung dari pegunungan disana maupun dilihat ketika anda terbang menggunakan Helicopter dari timika atau tembagapura. Nama-nama gunung itu (gunung-gunung di arwanop) adalah :Bi buk,Woung buk,Babalotagal ,Ilama buk,Deik buk,Kuma buk,Tiwitotagal ,dan Minipotagal ,yang dinamai menggunakan bahasa Amungme. Di tengah-tengah desa ini juga mengalir sebuah sungai yang besar bernama aroanogoung yang mengalir terus sepanjang tahun walau musim kemarau maupun musim hujan.

    Pekerjaan sehari-hari masyarakat  di desa Aroanop adalah berkebun/bertani di sekitar hulu dan hilir sungai aroanogoung, tenogoung,woungnogoung,niwonogoung dan sungai lainnya serta berkebun di sekitar gunung-gunung yang mengelilingi desa tersebut. Adapun tanaman yang mereka tanam di sana adalah berbagai sayuran (Gedi,sawi,kol,sayur ubi,dll),umbi-umbian (petatas/ubi,keladi,singkong dll),pisang,tebu,kacang,jagung,labu dan masih banyak lagi. Sebagian besar hasil perkebunan tersebut mereka gunakan untuk makan dan bertahan hidup disana dengan keluarga,jarang sekali mereka jual. Untuk bahan makanan lainya yang mereka butuhkan dari kota seperti beras,mie,minyak goreng dan bahan penyedap rasa lainnya mereka beli di timika dan tembagapura dengan jalan kaki atau dengan menggunakan helicopter.   

      Masyarakat aroanop juga sudah lama mengenal zaman modern berkat adanya PT.Freeport dan LPMAK(LPMI,dulu),sehingga banyak juga dari mereka yang bekerja di perusahan ini. Anak-anak mereka pun banyak yang sudah bersekolah dan kuliah di indonesia maupun di luar negeri,melalui program beasiswa dari lpmak dan freeport ini. Sekarang pemerintah sudah berperan juga bagi masyarakat aroanop,melalui pendidikan,jalan tembagapura-aroanop,kesehatan,dan lainnya.

Bersambung.............

Terima Kasih !

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Legenda Raksaksa - Amungme (Digiwen)

STORY OF MY LIFE